Senin, 06 Desember 2010

Doa


    DOA DAN ZIKIR

    Doa masuk masjid اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ “Ya Allah, bukakanlah pintu-pinturahmat-Mu untukku.”— (HR. Muslim: 1/494. Dalam Sunan Ibnu Majah, dari hadits Fathimah Allahummagh fir li dzunubi waftahli abwaba rahmatik”, Al-Albani menshahihkannya karena beberapa syahid. Lihat Shahih Ibnu Majah 1/128-129. Bacaan setelah adzanMembaca sholawat kemudian membaca : اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ , وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ , آتِ مُحَمَّدًا الوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ , وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِي وَعَدْتَهُ “Ya Allah, Tuhan Pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah Al-Wasilah (derajat di Surga, yang tidak akan diberikan selain kepada Nabi) dan fadhilah kepada Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqam terpuji yang telah Engkau janjikan.— HR. Bukhari: 1/152)Doa masuk WC بِسْمِ اللهِ ] اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ] “Dengan nama Allah. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki-laki dan perempuan”— (HR. Al-Bukhari: 1/45 dan Muslim: 1/283)
    Doa apabila mimpi buruk أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ , وَشَرِّ عِبَادِهِ , وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنَ “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan, siksaan dan kejahatan hamba-hamba-Nya dan dari godaan setan serta jangan sampai setan mendatangiku\”— (HR. Abu Dawud: 4/12. Shahih Tirmidz:i 3/171)Do’a Ketika Berbuka ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ “Dzahabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah [Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah]— (HR. Abu Daud. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)Doa duduk diantara dua sujud اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي , وَارْحَمْنِي , وَاهْدِنِي , وَاجْبُرْنِي , وَعَافِنِي , وَارْزُقْنِي , وَارْفَعْنِي “Ya Allah, ampunilah dosaku, berilah rahmat kepadaku, tunjukilah aku (ke jalan yang benar), cukupkanlah aku, selamatkan aku (tubuh sehat dan keluarga terhindar dari musibah), berilah aku rezki (yang halal) dan angkatlah derajatku.”— (HR. Ashhabus Sunan, kecuali An-Nasai. Lihat Shahih At-Tirmidzi: 1/90 dan Shahih Ibnu Majah: 1/148.)
    Doa mengenakan pakaian اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا ( الثَوْبَ ) وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلاَ قُوَّةٍ  “Segala puji bagi Allah Yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dari-ku.”— (HR. seluruh penyusun kitab sunan, kecuali Nasa’i, lihat; Irwaa’ul ghalil: 4/47. Syaikh Al-Albani mengatakan : Hadits Hasan)
    Doa Apabila Berkunjung Kepada Orang Yang Sakit لاَ بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ “Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membuat dosamu bersih, insya Allah.”— HR. Al-Bukhari dengan Fathul Bari 10/ 118 Doa Agar Bisa Melunasi Utang اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ “Ya Allah! Cukupilah aku dengan rezekiMu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karuniaMu (hingga aku tidak minta) kepada selainMu.”— HR. At-Tirmidzi 5/560, dan lihat kitab Shahihut Tirmidzi 3/180. Doa Perlindungan Kepada Anak Adalah Rasulullah n berdoa un-tuk perlindungan Hasan dan Husain, beliau membaca: أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ “Aku berlindung kepada Allah untukmu berdua dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari segala setan, binatang yang berbisa dan pandangan mata yang jahat.”— HR. Al-Bukhari 4/119.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar